Laman

Minggu, 24 Juni 2012


Profil Antonio Gidden






Karya Terbaiknya:

  • Teori strukturasi Antonio Gidden, yang membahas hubungan antara individu dan sistem sosial. 
  • Secara holistik pandangan masyarakat modern.
  • Menjadi kontributor terkemuka untuk bidang sosiologi dengan 34 buku yang diterbitkan dalam sedikitnya 29 bahasa.
  • Pengembangan Jalan Ketiga, sebuah filsafat politik yang berusaha untuk mendefinisikan kembali demokrasi sosial untuk pasca Perang Dingin dan era global.

Lahir:

Giddens Anthony lahir 18 Januari 1938. Dia masih hidup.
Awal Hidup dan Pendidikan:

Anthony Giddens lahir di London dan dibesarkan di sebuah keluarga kelas menengah bawah. Ia menyelesaikan gelar sarjana di bidang sosiologi dan psikologi di University of Hull pada tahun 1959, gelar Master di London School of Economics, dan gelar Ph.D. di Universitas Cambridge.
Karir:

Giddens mengajar psikologi sosial di University of Leicester mulai tahun 1961. Di sinilah akan mulai bekerja pada teori sendiri. Dia kemudian dipindahkan ke King College Cambridge di mana ia menjadi Guru Besar Sosiologi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Pada tahun 1985 ia mendirikan Polity Press, sebuah penerbit internasional ilmu sosial dan buku humaniora. Dari tahun 1998 hingga 2003 ia adalah Direktur dari London School of Economics dan tetap menjadi Profesor sana hari ini.

Lain Acheivements:

Anthony Giddens juga anggota Dewan Penasehat Lembaga Studi Kebijakan Publik dan penasehat untuk Perdana Menteri Inggris Toney Blair. Pada tahun 2004, Giddens dianugerahi gelar bangsawan sebagai Baron Giddens dan ia saat ini duduk di House of Lords. Dia juga memegang 15 gelar kehormatan dari berbagai perguruan tinggi.

Pekerjaan:

Kerja Giddens 'mencakup berbagai topik. Dia dikenal karena pendekatan interdisipliner nya, yang melibatkan sosiologi, antropologi, arkeologi, psikologi, filsafat, sejarah, linguistik, ekonomi, kerja sosial, dan ilmu politik. Dia telah membawa banyak ide dan konsep untuk bidang sosiologi. Yang paling penting adalah konsep tentang refleksivitas, globalisasi, teori strukturasi, dan Jalan Ketiga.

Refleksivitas adalah gagasan bahwa baik individu dan masyarakat didefinisikan tidak hanya sendiri, tetapi juga dalam hubungan satu sama lain. Karena itu mereka harus sama-sama terus mendefinisikan kembali diri mereka sendiri sebagai reaksi terhadap orang lain dan untuk informasi baru.

Globalisasi, seperti yang dijelaskan oleh Giddens, adalah proses yang lebih dari sekadar ekonomi. Ini adalah "intensifikasi seluruh dunia hubungan sosial yang menghubungkan daerah yang jauh sedemikian rupa sehingga kejadian lokal dibentuk oleh peristiwa yang jauh dan, pada gilirannya, peristiwa jauh dibentuk oleh kejadian lokal." Giddens berpendapat bahwa globalisasi adalah konsekuensi alami dari modernitas dan akan mengarah pada rekonstruksi lembaga-lembaga modern.

Teori Giddens 'dari strukturasi berpendapat bahwa untuk memahami masyarakat, seseorang tidak bisa melihat hanya pada tindakan individu atau kekuatan sosial yang mempertahankan masyarakat. Sebaliknya, keduanya yang membentuk realitas sosial kita. Dia berpendapat bahwa walaupun orang tidak sepenuhnya bebas untuk memilih tindakan mereka sendiri, dan pengetahuan mereka terbatas, mereka tetap adalah agen yang mereproduksi struktur sosial dan mengarah pada perubahan sosial.

Akhirnya, Jalan Ketiga adalah filsafat politik Giddens 'yang bertujuan untuk mendefinisikan kembali demokrasi sosial untuk pasca Perang Dingin dan era globalisasi. Dia berpendapat bahwa konsep politik "kiri" dan "benar" sekarang mogok sebagai akibat dari banyak faktor, tetapi terutama karena tidak adanya alternatif yang jelas terhadap kapitalisme. Dalam The Third Way, Giddens memberikan kerangka dalam mana "jalan ketiga" dibenarkan dan juga satu set luas dari proposal kebijakan ditujukan pada "progresif kiri-tengah" dalam politik Inggris.
Beberapa Karya besarnya :

-The Class Structure of the Advanced Societies (1973)
-New Rules of the Sociological Method (1976)
-Studies in Social and Political Theory (1977)
-Central Problems in Social Theory (1979)
-The Constitution of Society (1984)
-The Third Way (1998)

References
Giddens, A. (2006). Sociology: Fifth Edition. UK: Polity.
Johnson, A. (1995). The Blackwell Dictionary of Sociology. Malden, Massachusetts: Blackwell Publishers.
http://sociology.about.com/od/Profiles/p/Anthony-Giddens.htm






Tidak ada komentar:

Posting Komentar