Laman

Minggu, 24 Juni 2012



 Jurgen Habermas
Jurgen Habermas
Darren McCollester/Getty Images
Profil Jurgen Habermas













 Dikenal Sebagai:

  • Seorang filsuf dalam tradisi teori kritis dan pragmatisme.
  • Teorinya pada konsep "rasionalitas komunikatif" dan "ruang publik."
  • Karyanya pada konsep modernitas.



Lahir:

Jurgen Habermas lahir 18 Juni 1929. Dia masih hidup.
Kehidupan awal:

Habermas lahir di Dusseldorf, Jerman dan besar di era pasca perang. Dia di awal remaja selama Perang Dunia II dan sangat terpengaruh oleh perang. Dia pernah bertugas di Pemuda Hitler dan telah dikirim ke depan membela barat selama bulan-bulan terakhir perang. Setelah Peradilan Nuremberg, Habermas memiliki kesadaran politik di mana ia menyadari kedalaman kegagalan Jerman moral dan politik. Kesadaran ini berdampak abadi pada filosofi di mana ia sangat menentang tindakan politik kriminal.
Pendidikan:

Habermas belajar di Universitas Gottingen dan University of Bonn. Dia meraih gelar doktor dalam filsafat dari Universitas Bonn pada tahun 1954 dengan disertasi ditulis pada konflik antara absolut dan sejarah dalam pemikiran Schelling. Dia kemudian melanjutkan untuk belajar filsafat dan sosiologi di Institut untuk Penelitian Sosial di bawah teori kritis Max Horkheimer dan Theodor Adorno.
Awal Karir:

Pada tahun 1961, Habermas menjadi dosen swasta di Marburg. Tahun berikutnya ia menerima posisi "profesor luar biasa" filsafat di Universitas Heidelberg. Pada tahun yang sama, Habermas mendapat perhatian publik yang serius di Jerman untuk Transformasi Struktural buku pertama dan Ruang Publik di mana ia rinci sejarah sosial pengembangan ruang publik borjuis. Kepentingan politiknya kemudian membuatnya melakukan serangkaian studi filosofis dan kritis-sosial analisis yang akhirnya muncul dalam buku-bukunya Menuju Masyarakat Rasional (1970) dan Teori dan Praktek (1973).
Karir dan pensiun:

Pada tahun 1964, Habermas menjadi ketua filsafat dan sosiologi di Universitas Frankfurt am Main. Dia tetap ada sampai tahun 1971 di mana ia menerima jabatan direktur di Institut Max Planck di Starnberg. Pada tahun 1983, Habermas kembali ke Universitas Frankfurt dan tinggal di sana sampai ia pensiun pada tahun 1994.

Sepanjang karirnya, Habermas menganut teori kritis Mazhab Frankfurt, yang memandang masyarakat Barat kontemporer sebagai mempertahankan konsepsi bermasalah rasionalitas yang merusak dalam impuls ke arah dominasi. Kontribusi utama terhadap filsafat, bagaimanapun, adalah pengembangan teori rasionalitas, unsur umum dilihat di seluruh karyanya. Habermas yakin bahwa kemampuan untuk menggunakan logika dan analisis, atau rasionalitas, melampaui perhitungan strategis bagaimana mencapai tujuan tertentu. Ia menekankan pentingnya memiliki sebuah "situasi bicara ideal" di mana orang dapat meningkatkan keprihatinan moral dan politik dan membela mereka dengan rasionalitas saja. Konsep situasi pidato yang ideal dibahas dan diuraikan pada tahun 1981 bukunya The Theory of Communicative Action.

Habermas telah memperoleh banyak penghargaan sebagai guru dan mentor bagi banyak teori dalam sosiologi politik, teori sosial, dan filsafat sosial. Sejak pensiun dari mengajar ia terus menjadi seorang pemikir dan penulis aktif. Dia saat ini menduduki peringkat sebagai salah satu filsuf paling berpengaruh di dunia dan merupakan tokoh terkemuka di Jerman sebagai intelektual publik, sering mengomentari isu kontroversial dari hari di surat kabar Jerman. Pada tahun 2007, Habermas tercatat sebagai penulis paling-dikutip 7 di humaniora dengan Panduan Times Higher Education.


Major Publications:
  • Structural Transformation and the Public Sphere (1962)
  • Theory and Practice (1963)
  • Knowledge and Human Interests (1968)
  • Towards a Rational Society (1970)
  • Legitimation Crisis (1973)
  • Communication and the Evolution of Society (1979)
References
Jurgen Habermas - Biography. (2010). The European Graduate School. http://www.egs.edu/library/juergen-habermas/biography/
Johnson, A. (1995). The Blackwell Dictionary of Sociology. Malden, Massachusetts: Blackwell Publishers.
http://sociology.about.com/od/Profiles/p/Jurgen-Habermas.htm




Tidak ada komentar:

Posting Komentar