Laman

Minggu, 24 Juni 2012


Profil Herbert Spencer












Dikenal Sebagai filsuf yang:

  • Mengembangkan dan menerapkan teori evolusi untuk filsafat, psikologi dan studi masyarakat.
  • Membantu mengembangkan perspektif fungsionalis, salah satu kerangka teoritis utama dalam sosiologi.
  •  Pengethuan politiknya  , terutama pembelaannya terhadap hak alam dan kritik positivisme utilitarian.







Lahir:

Herbert Spencer lahir April 27, 1820.
Kematian:

Dia meninggal 8 Desember 1903.
Awal Hidup dan Pendidikan:

Herbert Spencer lahir di Derby, Inggris. Ia adalah sulung dari sembilan anak, tetapi satu-satunya untuk bertahan hidup bayi. Ayah Spencer adalah seorang guru sekolah, namun dia sangat tidak konvensional dan Herbert karena itu menerima pendidikan sebagian besar informal dan tidak disiplin. Spencer memiliki kepentingan eklektik banyak dan akhirnya dilatih sebagai seorang insinyur sipil untuk kereta api. Pada awal 20-an, namun, ia berpaling ke tulisan jurnalisme dan politik.
Karir dan Kehidupan Setelah itu:

Dari tahun 1848 hingga 1853, Spencer bekerja sebagai penulis dan redaktur bagian untuk The Economist mingguan keuangan. Dalam tulisan awal, Spencer membela sejumlah penyebab radikal, terutama pada nasionalisasi tanah, sejauh mana ekonomi harus mencerminkan kebijakan laissez-faire, dan tempat dan peran perempuan dalam masyarakat. Dia akhirnya datang untuk meninggalkan sebagian besar penyebab ini kemudian dalam hidupnya.

Pada tahun 1851 Spencer menulis buku pertamanya, Statika Sosial: Kondisi Esensial Menuju Kebahagiaan Manusia. 'Statika sosial' adalah istilah yang dipinjam dari Spencer Auguste Comte, yang berkaitan dengan kondisi tatanan sosial. Dalam Statika Sosial, Spencer memperkirakan kemanusiaan yang akhirnya akan menjadi benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan hidup di masyarakat dengan konsekuensial melenyapnya negara.

Paman Spencer meninggal pada tahun 1853, meninggalkan dia sedikit warisan yang memungkinkan dia untuk mengabdikan dirinya untuk menulis tanpa tergantung pada kerja biasa. Pada tahun 1855, Spencer menerbitkan buku kedua, Prinsip Psikologi, yang jauh kurang berhasil dibandingkan buku pertamanya. Saat itu sekitar kali ini bahwa Spencer juga mulai mengalami masalah kesehatan yang serius mental, yang akan mempengaruhi dia untuk sisa hidupnya. Karena itu, ia mencari privasi dan jarang keluar di depan umum. Ia juga terbatas dalam hal berapa banyak pekerjaan yang bisa dia lakukan dan hanya mampu menulis selama beberapa jam setiap hari. Ia kemudian memulai sebuah proyek panjang, yang volume sembilan Sistem Filsafat Sintetis, yang menulis antara 1862 dan 1893. Di dalamnya, ia memberikan account sistematis dari pandangannya dalam biologi, sosiologi, etika dan politik dan disajikan gagasannya bahwa masyarakat adalah organisme yang maju melalui suatu proses evolusi serupa dengan yang dialami oleh spesies hidup, sebuah konsep yang dikenal sebagai Darwinisme sosial.

Di antara banyak penghargaan ia diberi, Spencer dinominasikan untuk Hadiah Nobel untuk Sastra tahun 1902. Dia menolak sebagian besar pujian yang diberikan.


Major Publications
  • Social Statics: The Conditions Essential to Human Happiness (1850)
  • Education (1854)
  • The Principles of Psychology (1855)
  • The Principles of Sociology (1876-1896)
  • The Data of Ethics (1884)
  • The Man Versus the State (1884)
References
Sweet, W. (2004). Herbert Spencer. Internet Encyclopedia of Philosophy, http://www.iep.utm.edu/spencer/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar